Cara Memberantas Malaria

Cara Memberantas MalariaPenyakit Malaria berasal dari bahasa Itali “malaria” yang artinya udara buruk, atau udara dari rawa. Zaman dahulu orang percaya bahwa seseorang dapat terserang malaria dengan menghirup udara dari tempat semacam itu. Penyakit malaria merupakan salah satu jenis penyakit yang ditularkan lewat nyamuk. Jenis penyakit lainnya yang ditularkan lewat nyamuk adalah penyakit kaki gajah dan demam berdarah.

Cara Memberantas Malaria

Cara Memberantas Malaria

Penyebab Malaria

Plasmodium merupakan salah satu organisme yang tergolong filum Apicomplexa (Sporozoa) yang dapat menimbulkan penyakit malaria.

Jenis-Jenis Plasmodium

Jenis Plasmodium yang paling dikenal adalah Plasmodium malariae, Plasmodium vivax, Plasmodium falciparum dan Plasmodium ovale.

1. Plasmodium malariae

Menyebabkan penyakit malaria kuartana. Gejala timbulnya demam adalah selang 72 jam

2. Plasmodium vivax

Jenis ini menyebabkan penyakit malaria tertiana. Gejalanya adalah demam yang terjadi selang 48 jam.

3. Plasmodium falciparum

Menyebabkan penyakit malaria tropikana. Gejalanya adalah demam yang terjadi pada waktu yang tidak tentu

4. Plasmodium ovale

Menyebabkan penyakit malaria dengan gejala yang sama dengan penyakit malaria tertiana

Cara Memberantas Malaria

Cara Memberantas Malaria dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu :

1. Memutuskan Siklus Hidup Plasmodium

Memutuskan vektor Plasmodium dilakukan dengan cara menghilangkan tempat-tempat larva nyamuk bersarang. Cara memutuskan siklus hidup nyamuk tersebut dengan cara :

– Menutup tempat-tempat air
– Menimbun genangan-genangan air
– Menguras bak mandi atau tempat penampungan air lainnya minimal seminggu sekali

2. Memberantas Vektor

Memberantas vektor dengan menggunakan obat pembunuh serangga (insektisida)

3. Pengobatan Pada Penderita

Pengobatan pada penderita penyakit malaria dengan menggunakan obat malaria yang sesuai, misalnya obat malaria kina atau klorokin.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal, pengendalian penyakit malaria harus didukung dari data penunjang yang menjelaskan mengenai seluk beluk dari vektor yang berperan sebagai penyebab malaria. Dalam menentukan metode cara memberantas malaria yang tepat dan baik, maka harus diketahui lebih dulu dengan pasti mengenai musim dari penularan serta perilaku vektor yang berkaitan. Penentuan dari musim penularan dengan cara yang tepat juga harus didukung oleh data entomologi yang benar dan baik. Metode yang dipilih juga biasanya harus sesuai dengan perilaku vektor yang menjadi sasaran pemberantasan.

Pemberantasan dari penyakit malaria sangat berhubungan erat dengan aspek Entomologi yang mengandung bionomik nyamuk vektornya. Aspek dari Entomologi bisa menjadi salah satu tanggung jawab unit yang lain diluar dari unit pemberantasan malaria. Maka untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal dan maksimal sangat dibutuhkan suatu koordinasi yang mantap dan juga suatu sinkronisasi dalam program antara unir Entomologi dengan unit pemberantasan penyakit malaria.

Pencegahan penyakit malaria dilakukan dengan cara :

  1. Pemahaman lebih dalam mengenai penyakit malaria adalah salah satu hal yang sangat penting untuk mencegah penyakit malaria yang harus diberikan pada setiap pelancong atau juga pada pekerja yang akan melakukan dinas didaerah yang endemis. Selain itu, materi utama dari edukasi yang diberikan adalah dengan mengajarkan mengenai cara penularan dari penyakit malaria, serta resiko dari terkena penyakit malaria, dan juga hal yang paling penting adalah pengenalan pada gejala serta tanda penyakit malaria, pengobatan penyakit malaria, dan juga pengetahuan lebih dalam tentang upaya untuk membantu menghilangkan tempat perindukan penyebab malaria.
  2. Melakukan aktivitas dengan sistem kewaspadaan dini, dan dengan memberikan suatu bentuk penyuluhan pada masyarakat mengenai cara mencegah penyakit malaria.
  3. Melindungi pribadi sendiri, seseorang harus menghindari dirinya dari gigitan nyamuk misalnya adalah dengan menggunakan beberapa pakaian yang lengkap, tidur dengan kelambu, menggunakan obat penolak nyamuk dan juga menghindari kunjungan pada lokasi atau tempat yang rentan resiko penyakit malaria.
  4. Pola perilaku yang benar dan baik dengan cara mengurangi kegiatan diluar rumah dimulai senja sampai subuh disaat nyamuk Anopheles melakukan serangan.

Sedangkan pencegahan yang dilakukan pada Plasmodium sp penyebab dari penyakit malaria bisa membantu mengurangi terjadinya serangan nyamuk, namun tidak bisa membuat resiko akibat infeksi menjadi menghilang begitu saja. Sangat diperlukan upaya tambahan, yakni seperti kemoprofilaksis untuk membantu mengurangi resiko jatuh sakit jika memang resiko terkena gigitan nyamuk. Beberapa jenis obat malaria yang bisa  digunakan sebagai obat anti malaria adalah kemoprofilaksis seperti klorokum, meflokuin namun sampai saat ini obat jenis ini masih bekum tersedia di Indonesia, doksisiklin, primakuin dan lain sebagainya. Dosis dari kumulatif yang maksimal untuk membantu mencegah penyakit malaria dengan klorokum pada orang dewasa adalah sekitar 100 gram basa.

Untuk membantu mencegah terjadinya penyakit infeksi malaria yang terjadi pada pendatang dengan melakukan kunjungan pada daerah malaria dengan pemberian jenis obat yang dijadwalkan setiap minggu, mulai minum obat sekitar 1-2 minggu sebelum melakukan perjalanan ke daerah endemis malaria dan selanjutnya dilanjutkan minum setiap minggu selama melakukan perjalanan atau sedang menetap pada daerah endemis malaria dan selama kurang lebih 4 minggu setelah kembali pulang dari tempat tadi. Pengobatan dalam bentuk pencegahan tidak bisa diberikan paling tidak dalam waktu lebih dari 12-20 minggu dengan menggunakan obat malaria yang sama.

Obat Malaria Tradisional

Bahan-Bahan obat malaria:

– 7 lembar daun mimba
– 60 gram jukut pendul segar

Cara Pemakaian obat malaria:

– Semua bahan di cuci bersih
– Lalu rebus dengan 600cc hingga tersisa 200cc
– Kemudian saring dan minum sekitar 4 jam sebelum gejala muncul
– Lakukan 2 kali sehari

 Cara Memberantas Malaria


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Malaria dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Malaria and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *